Genduk Pilek

Sebelum melahirkan genduk, sempat parno juga mikirin ntar kalo abang-abangnya pada batuk pilek gimana ya? Ada newborn yang diciumin abang-abangya setiap saat bisa jadi membuat dia ketularan kan?

Saya bilang suami tentang hal ini, katanya “alaah lahiran aja belum kok udah mikir ke sana.”

Nyebelin juga kan si bapak. Yaudah saya let it flow in aja.

Eh beneran kan, beberapa saat setelah melahirkan kok si mas mengeluarkan tanda-tada batuk. Diawalin suara yang mulai serak dan hidung mulai berair. Saya bukan ibu yang dikit-dikit ke dokter, apalagi cuma bapil. Kecuali kalo demam yah, beda cerita. Saya juga berikhtiar dengan seperangkat peralatan Young Living untuk mengurangi pemakaian obat. Yah meskipun pada keadaan tertentu tetap memutuskan ke dokter. Saya nggak se-saklek itu juga sampai NO banget sama obat kimia.

Kaya kemaren contohnya, pas mas mulai anget dan gejala flu, saya baper dong. Bukan karena apa-apa. Takut nularin ke genduk. Kalo adek yang satunya sih udah gedean lah ya. Oke ayahnya langsung tak minta tolongin buat ngajak mas ke dokter. Biar cepet dapet obat dan penanganan, udah ngga telaten pake owil-owil. Oke done yah, mas udah minum obat dan mulai sembuh.

Kemudian taraaa menularlah ke mas no.2. Awalnya saya juga masih B aja, sampai beberapa hari kemudian middle love mulai demam juga dengan gejala flu yang sama. Saya sudah pisahin perangkat makan Ghazi dan Ghazan. Eh minumnya yang barengan gelasnya. Capedeee. Masa iya saya tega mau ngasihin sisa obat masnya. Hahaha. Oke deh jalan-jalan ke hermina lagi. Hadeuhhh. Sippp setelah middle love mulai sembuh, semua masih aman. Sampai kalo para mas mau nyiumin genduk, mendekat dan colek-colek, saya udah teriak-teriak agar segera menjauh. Minimal pake masker. Se-protect itu sayatu sama newborn.

Sampai akhirnya kemaren genduk napasnya mulai ngos-ngosan. Hidungnya bumpet. Gabisa tidur. Padahal mas-masnya udah dembuh loh. Ya Allah ni bayik baru menghirup udara dunia selama 3 minggu udah pilek. Nelongso sayatuuuu. Ga tegaaa. Mana napasnya berat, mau ngambil upilnya yang gede susah. Huhuhuu. Bayi kan cuma bisa minum ASI yaah, saya nggak tega bawa ke dokter. Akhirnya mulai main owil lagi. Kombinasi RC dan Lavender, beberapa tetes peppermint untuk melegakan nafasnya. Alhamdulillah pokoknya. Hikmahnya saat newborn lagi rewel adalah SABAR dan GENDONG. Itu aja lah kuncinya.

Cepet sembuh ya genduk sayang..

*pesan moral: batuk pilek tidak akan menghilang dari sebuah rumah kalo serumah belum merasakannya. ha ha ha.

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang

#IbuProfesionalMalang #HariKe3

Tinggalkan komentar